[OPINI] 5 ALASAN UNTUK TIDAK MEMBENCI YEON HWA (SCARLET HEART: RYEO)

12:10 AM
Halo. Kali ini mimin mau menulis artikel yang mungkin akan membuat emosi banyak penggemar drama hits 2016, Scarlet Heart: Ryeo. hahahaha....

Kenapa? Karena mimin akan membuat 5 alasan untuk tidak membenci Putri YeonHwa!
Princess YeonHwa (later Queen Daemok)
Di drama Scarlet Heart: Ryeo, sang toko utama, Pangeran WangSo yang sangat mencintai seorang wanita bernama HaeSoo dan sebaliknya, malah berakhir dengan menikahi Putri YeonHwa yang tidak lain adalah adik tirinya sendiri untuk memperkuat kedudukannya sebagai Raja ke-4 Dinasti Goryeo.
Mungkin ini alasan utama kenapa para fans membencinya selain beberapa perbuatan jahat yang dia perbuat untuk merebut tahta kerajaan.

Tidak hanya membenci YeonHwa, beberapa fans bahkan membenci sang aktris (yang aktingnya sangat bagus bahkan sampai sukses dibenci fans hahaha), Kang Han-na.

Tapi... mari kita lihat dari sisi positifnya dan ini dia:

5 Alasan untuk Tidak Membenci Putri YeonHwa/Ratu Daemok (Scarlet Heart:Ryeo):

1. YeonHwa sangat Perhatian kepada para pangeran (saudara-saudaranya)
Pertama, di awal-awal episode drama Scarlet Heart: Ryeo, para pangeran sering berkumpul bersama di rumah Pangeran 8 Wook. Saat saudara mereka, pangeran 4 WangSo baru kembali dari Shinju, YeonHwa dengan ramah menyakan keadaannya. Selain itu dia juga mengatur jamuan-jamuan untuk para pangeran.


Kedua, saat Pangeran WangSo terluka karena menjadi target pembunuhan menggantikan Putra Mahkota, YeonHwa lah yang merawat lukanya.


Ketiga, tidak hanya pada saudaranya, YeonHwa sangat menyayangi ibunya. Saat ibunya diremehkan oleh Ratu Yoo (ibu Pangeran Yo, So, Jung), dia sangat marah.


Keempat, YeonHwa menyelenggarakan pesta ulang tahun untuk Pangeran 10 Eun. Walaupun akhirnya YeonHwa yang mengatakan lokasi Eun dan SeonDok pada So ^^


Kelima, walaupun sudah membuat kesepakatan dengan So untuk memihak padanya apapun yang terjadi, YeonHwa tetap berusaha sebaik mungkin untuk meringankan hukuman untuk kakaknya, Wook (ditambah tujuan lain sih, namanya juga politik).
Ratu Daemok memohon pada Raja Gwangjong untuk memberi kesempatan pada kakaknya, Wook untuk membela diri
YeonHwa tentu saja sangat menyayangi kakak kandungnya, Wook. Dia sangat marah pada HaeSoo karena menurutnya, HaeSoo lah yang membuat kakaknya itu berubah drastis dan berakhir dengan nasib buruk. Well, di sini kadang mimin jadi menyalahkan HaeSoo juga karena bertindak terlalu berlebihan terhadap pengelihatannya mengenai Pangeran So yang nantinya akan menjadi Raja Gwangjong dan membunuh saudara-saudaranya.
Oh, YeonHwa juga masih peduli dengan Ibu Suri saat mertuanya itu sekarat.



2. Anggun dan Cerdas
Dari awal episode, Putri YeonHwa sangat anggun dengan pakaian-pakaian bangsawan Goryeo (apalagi diperankan oleh Kang Han-na yang super cantik, bisa dibandingkan dengan pemeran Ratu Daemok di drama lainnya #opinipribadi).

Ratu Daemok (ki-ka): Scarlet Heart Ryeo, Shine or Go Crazy, Empress Cheonchu
YeonHwa memegang kontrol jalan masuk Songak dan bahkan bisa membukakan gerbang kerajaan untuk pasukan WangSo. Di sini terbukti selain background keluarganya kuat, YeonHwa sendiri pandai berpoltik
Di salah satu acara, diadakan survey untuk 3 foto Kang Han-na dan netizen memilih foto Kang Han-na dengan kostum merah Goryeo (yang dipakai saat penobatan Raja Gwangjong) sebagai penampilan yang paling cantik.


Setelah menikah, Putri YeonHwa (Ratu Daemok) juga tampil anggun dengan pakaian-pakaian dan style rambut ala Ratu Goryeo.


Tidak hanya penampilannya, caranya berbicara dan gerak gerik tubuhnya juga sangat anggun dan terlihat gaya kebangsawanannya.
(Gimana Lee Jun Ki nggak (secara tidak langsung) memilihnya -saat dia harus memilih antara HaeSoo dan YeonHwa)


Tentu saja Putri YeonHwa cerdas dan lihai dalam berpolitik. Kalau dilihat dari sejarah aslinya, Ratu Daemok adalah satu-satunya ratu dan istri Raja Gwangjong yang memberinya anak (istri Raja Gwangjong yang satunya adalah putri dari Wang Mu dan menjadi biarawati Buddha, WangSo menikahinya untuk menyelamatkannya). Mungkin kalau kasusnya seperti Raja Taejo yang memiliki 29 Ratu, dia bisa saja membuat banyak kejahatan untuk membuat anaknya mewarisi tahta ya (seperti yang dilakukan Ratu Yoo).


Ini dia foto yang bikin Kang Han-na kena maki-maki fans couple SoSoo hahaha...
Kecerdasan YeonHwa juga bisa dilihat saat WangSo meminum racun yang harusnya ditujukan pada Putra Mahkota Wang Moo. Untuk menyelamatkan So dan dirinya sendiri dari tuduhan, dia meminta dituangkan teh pada Raja Taejo dan meminumnya sedikit supaya orang-orang tahu bahwa teh itu beracun. Dan tentu saja masih banyak hal lainnya.


Lagi pula, coba yang jadi Ratu adalah HaeSoo, mungkin dia malah akan menderita dan selalu dibully karena politik selalu kejam kan... sedangkan HaeSoo memang terkesan lemah sekali. Mungkin memang lebih baik kalau HaeSoo bertemu WangSo di kehidupan selanjutnya... walaupun penulis dan sutradara sukses membuat kecewa fans dengan memunculkan JiMong dan bukannya WangSo... LOL


3. Keadaan yang Memaksa dirinya untuk berubah
Putri YeonHwa memang digambarkan sebagai seseorang yang ambisius, terutama terhadap tahta. Hanya saja dia seorang wanita, jadi dia tidak bisa menjadi raja.
Tentu saja, dia sangat khawatir akan masa depannya dan keluarganya jika bukan kakaknya, Wook yang menjadi Raja setelah Raja Taejo. Tapi kakaknya tidak berminat sama sekali dan memilih nikah lari dengan HaeSoo. Seiring waktu berjalan, Wook malah berbuat licik (termasuk karena adanya perjanjian dengan YeonHwa setelah Wook memergoki YeonHwa memberikan racun kepada seorang dayang) dan nasib baik tidak berpihak padanya. Jadi, tujuan YeonHwa untuk 'membuat' seorang raja tidak lagi dengan memaksa kakaknya, Wook, tapi dengan menjadi Ratu Goryeo dan membuat anak laki-lakinya sebagai pewaris tahta (bingo! Sukses, karena putranya, Wang Ju naik tahta setelah Raja Gwangjong wafat, selain itu Ratu Daemok adalah satu-satunya Ratu dari Raja Gwangjong).


WangSo dan YeonHwa membuat kesepakatan: YeonHwa akan mengkhianati kakak dan klannya untuk berpihak pada WangSo, sebagai gantinya, WangSo berjanji akan menjadikan putra mereka sebagai Putra Mahkota
4. Cintanya bertepuk sebelah tangan
Berbasis pada cerita Scarlet Heart: Ryeo, YeonHwa sebenarnya menyukai kakak tirinya, WangSo sejak lama (jangan tanya alasannya, tolong tanya pada penulis naskahnya, karena tentu saja jaman dulu yang namanya pernikahan adalah ala Siti Nurbaya).
YeonHwa kukuh pada tujuannya untuk menguasai Goryeo. Melihat Pangeran WangSo yang sama sekali tidak berminat terhadap tahta, tentu saja YeonHwa berusaha menjauhkan diri darinya. Tapi melihat kakaknya yang sangat berubah, ditambah dirinya yang dipermainkan oleh Raja Jeongjong (Wang Yo), dia menemui Wang So dan meminta kakaknya itu untuk menikahi dirinya. Tapi So yang sangat mencintai HaeSoo (dan HaeSoo yang tidak suka poligami) tentu saja menolak permintaan YeonHwa (duh kasian banget).
Walaupun pada akhirnya YeonHwa menang banyak, menikah dengan Wang So dan menjadi satu-satunya Ratu Goryeo saat itu, tapi diceritakan bahwa WangSo (Raja Gwangjong) bersikap sangat dingin padanya dan anak mereka (Pangeran Wang Ju) -dicuekin tapi mereka punya lima orang anak-
Di sinilah kepandaian seorang penulis naskah.

Behind The Scene setelah adegan YeonHwa meminta WangSo menikahinya, tapi WangSo menolaknya demi HaeSoo

Pembicaraan iseng kedua pangeran untuk bertaruh siapa yang akan mendapatkan Putri YeonHwa (hati-hati Pangeran WangSo, ternyata terwujud. Coba taruhannya HaeSoo, siapa tahu ending dramanya berubah ya...)

Putri YeonHwa dan Pangeran WangSo (later Ratu Daemok dan Raja Gwangjong)
Ratu Daemok meminta Raja Gwangjong mengunjungi Pangeran Wang Ju (later Raja ke-5 Gyongjeong) sesekali di hari ulang tahunnya, tapi Raja Gwangjong menolak dan tetap bersikap dingin.
5. Pemeran YeonHwa, Kang Han-na sangat cantik dengan kemampuan akting yang sangat baik
Banyak fans drama Scarlet Heart: Ryeo membenci YeonHwa, tapi beberapa dari mereka tidak bisa menahan kebenciannya dan menuliskan komentar-komentar negatif di akun IG Kang Han-na (banyak juga yang memuji aktingnya).
Duh, ini dia kelakukan di luar kamera
Pendapat pribadi mimin, Kang Ha-na memang sukses abis memerankan 'si jahat' YeonHwa, tapi saat melihatnya di berbagai acara TV dan penghargaan, Han-na sangat ramah dan tetap anggun.
Dia juga berteman dekat dengan IU. Ini dia beberapa foto Kang Han-na yang bukan sebagai YeonHwa.
Kang Han-na dan Lee Ji Eun di Konferensi Pers Scarlet Heart: Ryeo


Jadi gimana?
Kalau mimin sih tetep aja ikutin ceritanya, dan jangan lupa move on guys! Banyaka drama yang menanti Anda!
Drama ini memiliki cerita yang cukup berat dan nggak biasa. Pelajaran yang bisa kita ambil: bahwa hidup tidak selamanya seperti yang kita inginkan (WOW) hahaha...

PS.
Artikel ini adalah sepenuhnya PENDAPAT PRIBADI penulis dan bersifat sangat subjektif. Tidak ada salah benar ya!

source photo:
Berbagai sumber:
http://program.sbs.co.kr/pdNote/pdNoteEnd.do?pgm_id=22000009610&pgm_mnu_id=44095&pgm_build_id=17623&noteCode=nt_10000028101&noteId=10000056169#10000054950

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »