鈴華ゆう子 with 和楽器バンド [Yuko Suzuhana with WAGAKKI-Band]

12:52 AM
鈴華ゆう子 with 和楽器バンド


 Page copy protected against web site content infringement by Copyscape 

Prologue author:
Sedikit cerita dari author waktu pertama kali lihat video band ini. Berawal dari author yang nonton semifinal CLAS:H (salah satu kompetisi cosplay tingkat nasional di Indonesia)

dengan kolaborasi juri Indonesia dan Jepang: Konnichi-san dan Yukari-san. Kebetulan theme song mereka adalah 'Senbonzakura 千本桜', ini salah satu lagu VOCALOID (bagi yang tidak tahu vocaloid, bisa cek DI SINI ke wikipedia)

Sampai depan PC, author iseng cari-cari video versi Vocaloid-nya. Nah, kalau ketik di youtube 'Senbonzakura', yang menarik perhatian author ada 2 video, video Live-nya Miku di Kansai dan yang satu ada caps-nya menarik (close-upnya mbak-mbak pakai baju Jepang -Suzuhana Yuko-)
Sekali lihat PV Senbonzakura itu, author langsung addict deh, untuk review lainnya akan diteruskan di bawah artikel ini yah.

Yang jelas, WAGAKKI-band ini menawarkan aliran musik yang tidak biasa dan mereka 'Giving Vocaloids a human voice' (taken from NO CLEAN SINGING)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

鈴華ゆう子 with 和楽器バンド
Yuko Suzuhana with WAGAKKI-Band

 
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Belum banyak informasi mengenai band ini, karena tergolong baru. Yang jelas, band ini berisi musisi-musisi bertalenta kelas dewa (LOL) dan tidak sembarangan. Hampir semuanya sebenarnya memiliki jam terbang tidak sedikit dan pengalaman tampil di event-event internasional. Tapi memang tidak dapat dipungkiri, hampir semua membernya bermula dari artis NICO NICO (hampir sama lah seperti artis youtube), tapi takdir mempertemukan mereka LOL.

Ada 2 hal yang khas dari WAGAKKI BAND (menurut author): 
  • Mereka membawakan style musik yang baru dengan blending Japanese Traditional Music dengan Contemporary Music dengan mulus. Hal ini diprediksi bahwa musik mereka tidak seperti musik pop yang akan membuat cepat bosan.
  • Mereka memang banyak meng-cover lagu-lagu vocaloid, tapi aransemen dan cara membawakannya dengan sangat berbeda dan luar biasa menjadi kelebihan dari band ini.

Sebenarnya namanya YUKO SUZUHANA with WAGAKKI BAND, jadi anggota Wagakki Band sendiri ada 7 orang + vokalis:
  • Vokalis: YUKO SUZUHANA
  • Shakuhachi: DAISUKE KAMINAGA
  • Koto: KIYOSHI IBUKURO
  • Shamisen: BENI NINAGAWA
  • Wadaiko: KURONA
  • Guitar: MACHIYA
  • Bass: ASA
  • Drums: WASABI
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Biography
(source: JAPAN-EXPO)


Pada 4 Desember 2011, Yuko Suzuhana (vokalis) memenangkan sebuah kontes shigin (semacam membaca puisi tradisional Jepang, ini nggak mudah ya, pakai macam cengkok, dsb) Nippon Colombia. Dia telah mendedikasikan diri memang pada musik karena kecintaannya juga. Cewek satu ini juga ber-ide sendiri: membuat fushion atau perpaduan antara shigin dengan musik kontemporer.
Shigin sendiri berasal dari zaman Edo dan budaya ini agak terlupakan, tentu karena sudah kuno (contoh shigin: courtesy Youtube)

Yuko-san ingin menunjukkan pada dunia keindahan rhytem dan melody dari instrumen-instrumen tradisional Jepang ini, akhirnya dia merekam dirinya memainkan shigin ini dan diupload di Nico Nico Douga (sebuah website untuk share video yang sangat terkenal di Jepang. Jadi semacam artis you*ube), dan gara-gara ini, jumlah followernya meningkat pesat. Orang-orang menjulukinya "shigin no Yukorin". Yuka-san ini juga memenangkan Mis Nico nama 2011.

Beberapa waktu kemudia, Yuko-san memutuskan untuk menambahkan instrumen tradisional pada musiknya. Pada audisinya, dia bertemu seorang musisi berbakat, KIYOSHI IBUKURO (pemain KOTO, semacam harpa tradisional Jepang) dan DAISUKE KAMINAGA (pemain Sakuhachi, seamcam seruling tradisional Jepang). Mereka beriga lalu membentuk grup bernama HANAFUGETSU. Mereka menerima respons positif dari fans. Penampilan mereka dianggap penampilan yang inovatif dengan suara Yuko yang luar biasa dan unik, diiringi oleh melodi koto yang dimainkan Ibukuro dan sakuhachi yang dimainkan oleh Kaminaga.

Hanafugetsu: (ki-ka) Kaminaga, Yuko, Ibukuro
Beberapa waktu kemudian, Yuko (ketua band nih ceritanya), memutuskan untuk menambah member di grupnya: seseorang yang akan main elektrik gitar, bass, dan drum. Takdir kali yah, Yuko, Ibukuro, dan Kaminaga bertemu dengan Machiya (pemain guitar, best-skilled juga nih) pada Agustus 2012 saat event Nico Nico Douga. Tersentuh oleh suara Yuko dan melihat reputasi Hanafugetsu di Jepang pada berbagai acara, Machiya akhirnya bergabung. Beberapa waktu kemudia, Kurona (pemain wadaiko, semacam drum tradisional Jepang) dan sahabatnya Wasabi (pemain drum), juga bergabung. Kurona dan wasabi ini merupakan sahabat sejak kecil dan dari kecil memang berlatar belakang musik-musik tradisional.

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Bassist, ASA, dan pemain Tsugaru Samishen dari Tokyo, BENI, bertemu Yuko pada saat yang hampir bersamaan juga, di sebuah acara di tempat makan di Shibuya. Beni Ninagawa ini sudah bermain Shamisen sejak umurnya 4 tahun, disamping itu dia juga aktris dan idol. Dia ini juga sering upload video-video cover lagu-lagu seperti ost Shingeki no Kyojin, Evangelion dsb dengan Shamisen tentunya.




Pada akhir penampilan, Beni ini ceritanya sangat tersentuh dengan penampilan Yuko, lalu memperkenalkan dirinya sambil menangis (nggak ngerti ini maksudnya gimana, aslinya -At the end of the performance, she was so touched and moved that went to meet and introduce herself to Yuko SUZUHANA, with tears in her eyes-, dan akhirnya band ini punya anggota yang lengkap.

Dengan dukungan dari pemerintah melalui Project COOL JAPAN, band satu ini namanya makin dikenal dan sudah sangat terkenal di Nico Nico Douga. Video-video mereka juga ditayangkan pada pembukaan toko brand pakaian terkenal, 'gouk'.

Brand GOUK. di sebuah event di Shibuya,membahas style Wagakki pic cre:Aketateha,
 Video-video mereka juga mendapatkan respons baik dan viewersnya meningkat sangat cepat dalam beberapa bulan.

Berikut PV mereka (courtesy youtube):

Senbonzakura

Roku-chounen to Ichiya Monogatari


Tsuki Kage Mai Ka

Tengaku

Video LIVE:

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
PROFIL MEMBER WAGAKKI-BAND

VOKALIS: SUZUHANA YUKO
Yuko mulai belajar piano saat umur 3 tahun dan shigin saat umur 5 tahun. Lulus dari Tokyo College of Music jurusan Piano. Yuko sekarang aktif sebagai instruktor shigin, singer-songwriter, dan pianis. Pada Desember 2011 memenangkan Grand Prize pada Nationwide Contest of the Nippon Columbia Japan Poem Recitation Competition. Sekarang, dia merupakan vokalis, shigin, dan pianis untuk grup Hanafugetsu (grup band tradisional Jepang bersama Ibukuro dan Kaminaga). Dia juga terpilih sebagai Mis Nico Nama 2011 pada Niconico Douga Festival, dan Niconico Cho Party 2012. YUko juga pembawa acara di IbakiraNIGHT, sebuah program di Ibakira TV.

KOTO: IBUKURO KIYOSHI
Dilahirkan di Tokyo. Pada waktu SMA, dia ditunjuk dari Agency for Culture Affairs untuk perform di China. Dia sudah pernah beberapa kali perform diluar Jepang seperti Vietnam, Iran, Qatar, Kuwait, dan Korea Selatan.
Di Jepang, penampilan Kiyoshi sudah diliput berbagai media seperti salah satunya di ZEN-ON Music Company.
Kiyoshi banyak melakukan inovasi-inovasi dengan Koto, seperti yang bisa dilihat di lagu-lagu Wagakki-band.

SHAKUHACHI: KAMINAGA DAISUKE
Daisuke lahir di Iwaki City, di Perfektur Fukushima. Mulai bermain Shakuhachi saat umur 18 tahun dan telah memegang beberapa award seperti lisensi dari Tozan-style Shakuhachi dan mendapatkan julukan master 'YoZan'.
Daisuke sudah seriang kali tampil di berbagai negara diluar Jepang di berbagai acara-acara besar termasuk SXSW (Texas, USA) and Japanese Cultural Event, Japan Expo (Paris, Perancis).
Daisuke menyukai musik video game dan menyampaikan kesenangannya itu melalui "Playing Works" series dengan kolaborasi dengan beberapa komposer terkenal.
Daisuke memiliki sekolahnya sendiri untuk Shakuhachi di Tokyo, dan mengajar di beberapa collage dan universitas. Dia menyukai aktivitas dengan para remaja melalui perform-perform di beberapa sekolah di Iwaki, Fukushima.

TSUGARU SHAMISEN: BENI NINAGAWA
Lahir di Kyoto. Mulai belajar tsugaru Shamisen dan minyo (Japanese folk singing) pada umur 4 tahun. Selain musisi, Beni juga seorang model dan aktris. Dia dikenal dari video-video yang dia upload dari mengcover lagu-lagu anime dan vocaloid dengan tsugaru shamisennya.


WADAIKO: KURONA
Kurona telah kenal alat musik wadaiko sejak berumur 3 tahun dan bergabung dalam sebuah grup wadaiko profesional di Tokyo waktu umurnya 9 tahun. Beberapa waktu kemudian, dia menjadi seorang musisi independen.
Kurona telah tampil di berbagai acara internasional di luar Jepang, dan sudah dikenal baik di Jepang maupun luar Jepang melalui majalah, TV, dan perform.
Kurona melakukan inovasi-inovasi untuk menciptakan style musik yang baru menggunakan wadaiko. Dia juga pernah berkolaborasi dengan berbagai musisi terkenal.
Kurona pernah menjadi juri di sebuah Centra Competition di Tokyo High School Culture Festival: Folk Entertainment Division yang disponsori oleh Tokyo Metropolitan Board of Education.
Kurona juga pernah ambil bagian menjadi salah satu pengatur koreografi dan musik, berkolaborasi dengan banyak artis di projek seperti Blazing Rhythms, Countdown, dan The Legend of Mythica di Tokyo Disneyland dan DisneySea.

GUITAR: MACHIYA
Machiya ini salah satu artis nico nico juga. Salah satu video masterpiecenya, "Night of Nights" sebuah lagu dari video game Toho Project, telah dilihat lebih dari 1,3 juta kali.
Machiya juga merupakan gitaris dan vokalis dair m:a.ture, sebuah band indie terkenal.
Machiya juga telah berpartisipasi di berbagai peformance dan tour dengan beberapa artis seperti Tsutomu Ishizuki (Fanatic◇Crisis)

BASS: ASA
Asa ini juga salah satu artis nico nico Douga, terkenal sebagai salah satu pengguna VOcaloid.
Video yang dia post, "Yoshiwara Lament" (di track 03 album Vocalo Zanmai) telah dilihat lebih dari 800.000 kali. Lagu ini juga telah ditampilkan oleh berbagai artis niconico douga. Terlebih lagi, lagu ini juga sudah di-novelkan (diterbitkan oleh AlphaPolis).
Asa juga member dari EXIT TUNES, berpartisipasi di EXIT TUNES Festival. Dia ambil bagian di sebuah tur nasional musim panas di 5 tempat bergengsi di Jepang.
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

DRUM: WASABI
Wasabi lahir di Tiongkok. Ayahnya orang Zhonghua, ibunya separuh Jepang separuh Zhonghua. Dia juga drummer terkenal di nico nico douga.
Wasabi merupakan member yang termuda (maknae-nya nih), tapi dia seorang musisi yang luar biasa, salah satu yang spesial adalah fast-paced double bass drom dia -kolaborasi dengan wadaiko-nya Kurona adalah salah satu yang 'recognizable' di band.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Album mereka yang dirilis April ini berjudul VOCALO-ZANMAI, tracknya:
01 天樂 (Tengaku)
02 セツナトリップ(Setsuna Trip)
03 吉原ラメント (Yoshiwara Lament)
04 カゲロウデイズ (Kagerou Days)
05 虹色蝶々(Niji-iro Chouchou)
06 いろは唄 (Iroha Uta)
07 六兆年と一夜物語 (Roku Chounen to Ichiya Monogatari)
08 月・影・舞・華 (Tsuki Kage Mai Ka)
09 Episode.0
10 深海少女(Shinkai Shoujo)
11 脳漿炸裂ガール (Noushou Sakuretsu Girl)
12 千本桜 (Senbonzakura)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

SOURCES:
Author: EXTALIA

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
May 9, 2014 at 2:32 PM delete

My fav ...
Info dari band ini memang masih sedikit, apalagi yg bahasa Indonesia, thx for share this

Reply
avatar
February 1, 2015 at 3:00 PM delete

wah ane jadi ngefans berat sama ini band,keren dah
thank you share nya gan

Reply
avatar