[Traveling] Hongkong & Shenzhen Part 1 -City Sightseeing

11:11 AM
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong merupakan salah satu bagian dari Republic of China atau Negara Tiongkok. Tapi Hongkong ini berbeda dalam banyak hal, dari pemerintahan, mata uang, life-style (cenderung beda sih), dan masih banyak lagi. Yang bisa kita lihat secara lugas adalah Hongkong penuh dengan gedung-gedung tinggi, sudah merupakan negara maju cukup lama. Bedanya, di Tiongkok seperti Beijing, banyak juga gedung tinggi, tapi mereka adalah negara yang sedang gencar-gencarnya berkembang.
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Yang melatarbelakangi perbedaan ini tentu saja adalah sejarahnya. Dulu Tiongkok yang dikenal sebagai negara sosialis, bahkan tahun 2000an, di Beijing orang biasa cenderung menggunakan pakaian-pakaian yang warnanya serupa, yaitu abu-abu.
Perlu diketahui, memang zaman dulu, warna abu-abu untuk rakyat biasa, sedangkan yang boleh menggunakan warna-warna seperti kuning dan merah adalah Kaisar.
Kembali ke sejarahnya, silakan baca sendiri detailnya mengenai Tiongkok dan Hongkong, mengapa sampai Hongkong cenderung maju lebih dulu, kenapa mata uangnya Hongkong Dollar dan bukan RMB (Yuan), sampai bagaimana bisa Hongkong kembali menjadi bagian dari RRC:
HISTORY OF HONGKONG (wikipedia)
Lepas dari itu semua, enakan jalan-jalan aja yuk...
Okay, lihat dulu nih foto-foto Hongkong (maaf ya, yang ini bukan foto diambil oleh admin, soalnya kamera admin waktu ke Hongkong nggak bagus, jadi nggak kelihatan jelas, jadi ambil dari internet)
Okay, gambar di atas adalah peta Asia. Perlu diketahui, Hongkong itu letaknya ada di selatan Tiongkok. Lumayan, kalau naik pesawat nggak terlalu lama, hanya sekitar 4 jam. Admin naik China Airlines, dan cukup untuk nonton 1 film terbaru yang belum keluar di bioskop (filmnya di pesawat uptodate LOL)
pic cre: www.klm.com
pic cre: www.chinahighlights.com
 
pic cre: leadership.uoregon.edu
Yah, yang terkenal di kota Hongkong seperti yang sering kita denger-denger juga di sini, ada Kowloon, Tsim Tsa Sui, dsb. Semuanya dengan mudah ditempuh menggunakan MTR (Metronya Hongkong). Kalau jalanan di Hongkong relatif sempit-sempit dan banyak sekali sign-sign di pertokoan kiri dan kanan jalan. Hongkong pada dasarnya tanahnya berbukit-bukit dan kepulauan, jadi banyak jembatan-jembatan. Kita bisa liat juga bukit-bukit yang digunakan untuk makam (perjalanan dari airport ke hotel). Di bukit yang lain, kita bisa lihat rumah-rumah dan apartemen, nah itu pasti yang punya orang kaya.
Terowongan menuju ke pusat kota Hongkong (dok. pribadi EXTALIA)
Menuju pusat kota Hongkong (dok. pribadi EXTALIA)
Graveyard di perbukitan (dok. pribadi EXTALIA)
KEBERSIHAN???
Okey, kalau anda datang ke Hongkong dulu baru anda menuju Tiongkok, akan terasa Hongkong jauh lebih bersih (misal toilet, stasiun MTR, dsb).
Jalanannya bisa dibilang bersih, tapi memang masih kalah kalau dibandingkan Singapore atau Jepang. Tempat outdoor publik yang paling bersih menurut Admin sih di Disney Land hehe... *liat foto-foto di part selanjutnya*
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
ORANG HONGKONG???
Errr.... Yah, orang-orang Tiongkok terkenal galaknya, tapi orang Hongkong...??? sama aja.. hahaha
Mungkin nggak semua sih, tapi ada pengalaman admin nih,
jadi ceritanya admin baru sampai stasiun Kowloon, terus jalan keluar menuju jalan untuk pulang ke Hotel. Karena Hongkong ini merupakan *hutan beton* yah, kiri dan kanan semua bangunan tinggi dan gemerlapan ditambah sign-sign toko yang menyilaukan dengan tulisan-tulisan non-abjad, admin jadi bingung, hotelnya sebelah mana. Kalau lihat di peta sih nggak terlalu jauh, tapi namanya orang capek *seharian pergi, kepanasan dsb*, bingung tetep aja bingung. Akhirnya Admin memutuskan tanya ke seorang bapak-bapak yang sedang duduk di depan tokonya yang letaknya di pojokan jalan.
Tanyanya pakai bahasa inggris *ya iya, nggak bisa Hokkien kecuali nawar*, bapaknya cuek banget seakan nggak dengar. Admin coba tanya lagi pelan-pelan, sopan, baik-baik, dan melihat ke arah bapaknya *biar merasa kalau admin lagi bicara ma dia*, dia akhirnya jawab "No No" dan membuang wajahnya!!! ah~
Okay. Tanya bapak itu nggak bisa diharapkan... akhirnya admin berjalan mengikuti kata hati *LOL* untung sampai juga sih...
Yah, emang nggak semua mungkin galak, tapi nggak usah sakit hati kalau tiba-tiba digalakin orang sana, memang begitu adanya :D
ORANG INDONESIA DI HONGKONG???
Admin ada cerita lagi nih. Pada hari pertama di Hongkong, admin dijemput dengan bis dari pihak hotel. Keluar hotel, jalan sedikit sampai di gedung HSBC (yang terkenal itu, liat fotonya di bawah).
Nah. Di depannya ada semacam square, tempat orang-orang nongkrong dan waktu itu hari Minggu dan RAME banget.
Tapi, kebanyakan kok wajahnya familiar, bukan orang Hongkong, dan bener, mereka orang-orang Indonesia yang hampir semuanya adalah TKI yang bekerja di sana. Fashionnya sudah berubah, lebih keren, bajunya gaul-gaul, dsb lah. Admin dengan iseng tanya pada salah satu dari mereka, kata mbaknya, memang kan kalau hari Minggu mereka libur, kebanyakan berkumpul di square itu. Kegiatan yang dilakukan macam-macam tergantung grupnya. 
Salah satu yang menarik adalah ada grup *les*ian* ya tentu aja orang Indonesia juga. Mereka bahkan menikah. Hal begitu di sana adalah hal yang biasa, jadi nggak usah terlalu dibawa masalah. 
BANGUNAN DI HONGKONG???
Eiii... Bisa dibilang Hongkong itu Hutan BETON. Kiri-kanan semua bangunan tinggi. Siang-siang jalan-jalan nggak kepanasan, matahari ketutupan gedung LOL
Yang menarik adalah orang Hongkong masih sangat kental dengan kepercayaan mereka menggunakan FengShui dalam bangunan. Mulai dari bangunan rumah tinggal, apartemen, sampai sebuah gedung seperti HSBC (karya arsitek Norman Foster)
Ada cerita dari salah satu dosen admin yang ke Hongkong, katanya dalam peresmian sebuah gedung bahkan mereka memanggil artis yang wajahnya mirip hewan yang dianggap akan membawa hoki. 
Kadang menemukan bentuk dan fasad bangunan yang agak aneh, dan memang itu hasil dari FengShui.
Sebenarnya nggak cuma di Hongkong aja, Fengshui masih digunakan banyak orang di negara-negara lain seperti Indonesia, Singapore, juga Tiongkok, tapi entah kenapa admin merasa di Hongkong lah yang paling kental. 
Di Singapore, menurut keterangan dari seorang guide Tiongkok, adanya bangunan Esplanade yang berbentuk durian juga hasil dari FengShui, supaya jika ada tangan-tangan yang akan mengambil kekayaan negara tersebut akan tertusuk duri, jadi nggak jadi ambil deh...
Percaya dan tidaknya pada FengShui tergantung masing-masing, tapi pada dasarnya sebenarnya Fengshui itu ada logikanya...
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
Langsung aja nih beberapa foto yang diambil admin di Hongkong:
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)
Hongkong (dok.pribadi. EXTALIA)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »