Stress Hilang Gara-Gara AIR ASIA!!! Thank You AirAsia!!!

9:55 AM
Bukan sebuah kisah ataupun khayalan. Cerita ini terjadi dua tahun yang lalu.

Sebelum memulai ceritanya, perlu diketahui bahwa author adalah orang yang hobi jalan-jalan dan traveling. Kesukaan author lainnya adalah sesuatu yang bagus, spesial, tapi murah bahkan gratis!

Tepatnya tahun 2012, waktu itu saya duduk di kelas XII, di bangku SMA. Tahun ketiga bagi anak SMA merupakan tahun paling berat, tidak cuma berat di pikiran, tapi berat badanpun bertambah nggak karuan, tentu karena stress akan menghadapi Ujian Nasional dan Tes Masuk Universitas.

Hal tersebut juga saya alami. Rasanya berat dan melelahkan. Setiap hari harus belajar hal-hal yang saya tidak terlalu sukai, duduk di bangku, membaca, menghafal, mengerjakan soal… saya ingin jalan-jalan… Tekanan datang dari banyak pihak, sekolah lah, guru lah, orang tua… em, tidak terlalu sebenarnya, tapi saya sendiri berpikir bahwa saya tidak mau mengecewakan mereka, jadi saya coba sekuat tenaga, jadi orang rajin, belajar setiap hari, and it was just LIKE A HELL.

Suatu sore di awal-awal tahun 2012, papa saya mengatakan, “Tadi ada PROMO TIKET SINGAPORE MURAH BANGET dari AIR ASIA, infonya via e-mail, jadi papa beli 3 kursi Pulang-Pergi”. Saya masih tidak ‘ngeh’ dengan apa yang dikatakan papa saya. Di otak saya waktu itu cuma ada ketegangan persiapan Ujian Nasional dan ketakutan akan ‘Di universitas dan fakultas mana saya akan diterima?’

Memasuki masa-masa mendekati Ujian Nasional, saya makin stress. Belum lagi penerimaan mahasiswa baru tahun tersebut menggunakan sistem Undangan dan Tulis. Kalau sistem undangan, 75% siswa dengan nilai tertinggi di SMAnya berhak mendaftarkan diri, lalu universitas yang bersangkutan akan memilih dan menyeleksi data yang masuk. Kalau tulis, calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis yang soal-soalnya lebih parah dari ujian nasional… -___________-‘’’

Nah… apakah saya masuk ke dalam 75% tersebut? Ternyata nilai saya masih masuk dalam list walaupun posisinya agak bawah… haha…

Sekarang…. Saya punya 2 pilihan jurusan dan universitas…  Yap, dari dulu saya ingin menjadi seorang arsitek, kalau begitu, pilihan saya adalah Jurusan Teknik Arsitektur, Universitas Gadjah Mada…

Pilihan kedua saya di UGM… hati nurani saya… haha… emang dasarnya suka jalan-jalan… saya pilih PARIWISATA… :D (banyak teman-teman saya yang shock, betapa jauh pilihan pertama dan kedua… nggak nyambung sama sekali, tapi apa boleh buat, hobi jalan-jalan saya memang nggak ketulungan). Nah, pengumuman diterima atau tidak pada universitas yang saya pilih tadi direncanakan keluar tanggal 28 Mei 2012, 2 hari setelah pengumuman hasil ujian nasional dan kelulusan yang rencananya diumumkan tanggal 26 Mei 2012).

Saya sudah daftar, saya sudah isi semua ketentuan dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang diminta, saya juga sudah pasrah. Sekarang tinggal konsentrasi ke Ujian Nasional. Masalah misalnya tidak diterima di universitas pilihan saya melalui undangan… emh.. malas sekali rasanya harus belajar lagi dan ikut ujian tulis… yang jelas fokus dulu ke Ujian Nasional….

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba. UJIAN NASIONAL 2012. Saya mengerjakan sebaik mungkin, tapi tidak disangka soal-soalnya berbeda dengan prediksi. Seperti misalnya Fisika, diprediksikan banyak perhitungan, ternyata yang keluar adalah teori… nah loh…

Menghadapi Ujian Nasional selama 4 hari… lepas dari itu rasanya seperti orang menyelam sangat lama, lalu akhirnya berhasil mendapat oksigen di permukaan air… OH….


Nah, sekarang saya punya waktu cukup lama, sekitar 2-3 bulan sambil mengunggu hasil Ujian Nasional yang pengumumannya tanggal 26 Mei 2014. Saya ingat bahwa papa saya pernah mengatakan soal tiket ke Singapore… Dan betul sekali, papa saya memang sudah reservasi 3 tiket AirAsia penerbangan JOGJA-SINGAPORE tanggal 26 Mei 2012 dan kembali tanggal 28 Mei 2012. Wah, pas sekali, 26 Mei adalah hari pengumuman hasil UN, 28 Mei hasil penerimaan mahasiswa. Hasil UN sih ya sudah, bisa minta tolong diambilkan… dan saya tidak terlalu perduli lagi dengan hal itu, tapi yang urgent sekali ini tanggal 28 Mei… pikiran saya pulang dari Singapore langsung harus menghadapi kenyataan yang entah indah atau tidak…
Ngomong-ngomong, tiket AirAsia Jogja-Singapore itu seharga IDR 99,000, jadi kalau PP tinggal dikali 2… nah loh… MURAH POL!!! Gila kan 99rbu rupiah udah sampai Singapore! Naik taxi dari bandara ke rumah aja 60ribu… hahaha….

Eih, yang gila, selama menunggu tanggal tersebut, saya benar-benar tidak menyentuh lagi buku-buku pelajaran. Yap, kebanyakan harusnya siswa mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuk bahwa yang tidak diterima Undangan harus mengikuti Ujian Tulis Masuk Universitas (SNMPTN). Saya sudah sangat malas dan stress… saya lupakan hal itu semua…  Ada pergi ke Singapore membuat saya agak fresh, untung aja ada tiket murah, jadi saya sejenak bisa menghilangkan stress…. Mama saya bilang, “udah, nggak usah stress, kita jalan-jalan aja”

Akhirnya hari yang ditunggu tiba… tanggal 26 Mei 2012. Penerbangan pagi, saya berangkat bersama mama saya. Sayang sekali papa saya ada meeting penting jadi tidak bisa ikut. Eh, ternyata 99rbu itu HOT SEAT dan dapat Makanan!!! Gila gila gila… hahaha…  Kurang apa coba? Hampir 2 jam di pesawat, nyaman, saya ketiduran sih… tiba-tiba sudah landing di Chang Ie. Nah, hari pertama di Singapore saya habiskan di Orchard Road. Siang jam 11an waktu Singapore, papa saya BBM hasil Ujian Nasional. Yah, nggak buruk. Malamnya, saya makan Ramen di The Gallery dekat Mount E. Jam 6 sore waktu Singapore. Tiba-tiba tante saya bbm, ‘PENGUMUMAN UNDANGAN SUDAH KELUAR’. Saya dan mama saya nggak percaya, kan harusnya tanggal 28. Langsung suasana makan jadi nggak enak…

Selesai makan, kami bergegas balik ke hotel (Concord Hotel Orchard Road), saya cek facebook, dan semua sudah ramai!!! Benar… sudah pengumuman… saya bergegas membuka website SNMPTN Undangan. AH! Harus memasukkan nomor pendaftaran! Saya telp papa saya di Indonesia, ternyata dia sedang di kantor yang nun jauh dari rumah. PANIK. Lalu papa saya meluncur menuju rumah, lalu mengirimkan nomor pendaftarannya…

WAKTU ITU RASANYA SAYA SUDAH GILA. PANIK. STRESS. PASRAH. MBOH LAH…

Ei, saya enter tuh… ‘SELAMAT ANDA DITERIMA DI JURUSAN ARSITEKTUR UNIVERSITAS GADJAH MADA’

Eh… bukan mimpi!!! OH!!!! Beberapa detik kemudian saya baru sadar ini BUKAN MIMPI!!! OH!!! Hahaha!!!  SAYA DITERIMA!!! OH!!!  Mama saya ikutan heboh!

Paginya kami lanjut perjalanan di SINGAPORE! Dengan hati gembira! Nggak tau deh kalau kemarin pengumumannya mengatakan lain… AH!!!

Tetep aja THANK YOU AIRASIA!!! Waktu penantianku jadi SANGAT MENYENANGKAN!!! Keren kan liat pengumuman SNMPTN aja di Singapore… LOL
Seperti apa perjalanan saya ? Next post

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »