Inilah 13 Alasan Mengapa Jepang adalah Negara Paling Unik di Dunia

3:14 PM
Negara Jepang selalu mempunyai reputasi baik dalam hal kebudayaan dan tradisi unik Sebagai sebuah negara kepulauan yang mempunyai sejarah panjang banyak aspek-aspek kebudayaan dibangun tanpa campur tangan pengaruh luar. Ada banyak alasan mengapa Jepang adalah negara paling unik di dunia. Berikut ini adalah tiga belas alasannya.

1. Shinto
Shinto adalah agama kepercayaan sebagian besar masyarakat Jepang. Walaupun banyak masyarakat tidak religius dengan Shinto, tradisi dan festival Shinto memberikan peranan besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. 


2. Customer Service
Perusahaan pelayanan di Jepang membuat standar pelayanan hebat dan salah satu pelayanan hebatnya adalah mereka melakukan pelayanan tanpa mengharapkan uang tip. Sebagian besar masyarakat yang bekerja di perusahaan pelayanan selalu sopan dalam mengakui kesalahan. Di negara Jepang, tidak perlu berterima kasih kepada mereka, karena mereka melakukan itu demi pekerjaan.


3. Kimono
Kimono adalah pakaian tradisional unik masyarakat Jepang dan menjadi bagian dari kebudayaan Jepang. Banyak masyarakat lokal senang memakai pakaian tradisional untuk acara-acara khusus, di antaranya acara kelulusan, acara pernikahan, dan festival-festival.


4. Anime dan Manga
Astro Boy yang ditulis pada tahun 1950 adalah manga pertama di dunia. Komik tersebut begitu mengagumkan karena mengambarkan perkembangan style gambar manga. Selama beberapa dekade kemudian, sekarang anime dan manga menjadi ikon penjualan luar negeri di negara Jepang. Manga Jepang mempunyai pengaruh yang besar pada buku komik di negara Korea dan Cina pada khususnya.


5. Geisha
Geisha adalah wanita penghibur profesional, meskipun sejarah mengatakan geisha pertama adalah seorang pria. Wanita penghibur ini menghibur orang-orang dengan cara melayani berbicara, melakukan pertunjukan menari, dan permainan di restauran-restauran berkelas dan pesta-pesta pribadi. Geicha adalah cikal bakal fenomena hostess club.


6. Gempa Bumi dan Bencana Alam
Jepang adalah negara yang sering mengalami gempa bumi di dunia. Setiap bulan banyak terjadi gempa bumi. Gempa bumi terbesar menyebabkan kerusakan infrastruktur dan tsunami. Gempa besar memang jarang terjadi, namun apabila terjadi gempa tersebut dapat menghancurkan segalanya.

7. Masakan Jepang
Masakan Jepang menjadi makanan yang dicintai banyak orang, seperti edamame, sushi, dan miso. Selain makanan tersebut, masih ada banyak makanan unik di Jepang yang harus dijelajahi dan dicoba. Natto, mungkin?


8. Membungkuk
Masyarakat Jepang belajar bagaimana dan kapan mereka harus membungkuk sejak usia muda, dan mereka selalu membungkukkan badan untuk mengucapkan terima kasih atau meminta maaf.


9. Gulat Sumo
Gulat Sumo di Jepang sudah dimulai sejak beratus-ratus tahun yang lalu, selama periode Edo dan kembali pada ritual Shinto kuno. Jepang adalah satu-satunya negara yang mengadakan Sumo, dan merupakan tempat latihan satu-satunya untuk pegulat Sumo professional.


10. Tatami
Lantai tatami berukuran kecil dan sudah dibuat selama periode Heian. Tatami tidak hanya nyaman, tetapi juga membutuhkan perawatan yang tinggi dan harus diganti secara rutin. Tatami sekarang digunakan di dalam rumah-rumah khas Jepang, seperti di ruangan teh, restauran tradisional, dan ryokan. 


11. Upacara Teh
Upacara teh diperkenalkan Cina di Jepang kurang lebih 1000 tahun yang lalu. Namun, di berbagai negara upacara teh Jepang menjadi sebuah hal yang unik dan berseni yang memiliki dua kesamaan.


12. Pachinko
Pachinko adalah jenis mesin slot yang ditemukan di Jepang pada tahun 1920-an. Alih-alih mencoba untuk mendapatkan gambar yang cocok, pemain berharap sebuah bola logam, meluncur ke tanah mesin slot hadiah yang tepat. Pachinko sudah menjadi hal yang umum di seluruh negara.


13. Kebudayaan Imut
Tidak ada tempat di dunia yang bisa menyamai keimutan negara Jepang. Dari maskot-maskot menggemaskan sampai kebudayaan pop dan periklanan, keimutan menjadi atribut yang paling menjanjikan.


#article #japan #culture #lifestyle 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »