Akuarium Bilik Telepon Yang Mengagumkan Ini Dilepas Karena Terkena Pelanggaran Hak Cipta!

6:54 PM

Setelah bertahun-tahun menarik pengunjung dari seluruh Jepang, tampilan unik ini akhirnya dilepas. Yamatokoriyama di Prefektur Nara terkenal akan budidaya ikan mas, dengan seluruh kota dipenuhi dengan motif dan logo lucu yang menunjukkan warisan lama dari praktek perkembang-biakan. Salah satu daya tarik yang paling terkenal adalah bilik telepon yang indah diisi dengan air dan ikan mas yang sering menarik kerumunan orang berharap untuk melihat sekilas objek misterius ini.

Menarik seperti biasanya, tangki ikan dengan bentuk kotak telepon yang tidak biasa juga memiliki kemiripan yang mencolok dengan karya seniman kontemporer Jepang, Nobuki Yamamoto, dan itu tidak mengejutkan bahwa dia baru-baru ini mengajukan keluhan resmi kepada Asosiasi yang bertanggung jawab memasang jawab memasang tampilan tersebut.

Tangki ikan di Yamatokoriyama (kiri) dan pekerjaan Yamamoto (kanan).
Pelanggaran itu tampaknya tidak disengaja, karena akuarium bilik telepon Yamatokoriyama adalah proyek yang disajikan untuk kota oleh sekelompok mahasiswa dari Universitas Seni dan Desain Kyoto pada tahun 2012. Kemungkinan besar mereka yang pertama kali menyalin ide Yamamoto.

Kota ini kemudian memasang karya seni misterius ini pada tahun 2014. 

Namun, menurut pengaduan tertulis, konsep Yamamoto menempatkan ikan mas di bilik telepon berisi air mendahului mahasiswa awal tahun 1998, dan dipamerkan ke seluruh Jepang sejak itu dalam berbagai pameran seni.

Setelah menyadari tampilan bilik telepon yang didirikan di kota, Yamamoto telah berulang kali meminta asosiasi untuk mengkreditkan dia sebagai pencipta asli, mencari 3.300.000 yen sebagai ganti rugi. Mereka mengkalim bahwa tidak ada pelanggaran hak cipta yang pernah terjadi, tetapi tidak sampai April tahun ini bahwa asosiasi tersebut melepaskan tangki ikan untuk menghindari kesulitan lebih lanjut.

Pelindung kafe terdekat biasanya digunakan untuk menyeruput kopi dan mengagumi dunia lainnya, tetapi tidak lagi.

Saya tidak bermaksud memindahkan pameran itu, tetapi agar kota itu mengakui karya seni saya.” Banyak seniman di luar sana adalah korban pelanggaran hak cipta, kata Yamamoto pada konferensi pers yang diadakan di Nara pada 19 September.

Tayangan itu tidak ada lagi di Yamatokoriyama, jadi anggap dirimu beruntung jika pernah melihat sekilas. Tangki ikan yang dirancang secara elegan memiliki kualitas terapeutik untuk mereka, dan untuk mereka, akuarium motak telepon membawa senyum yang tak terhitung ke wajah para pengunjung. Semoga karya yang baru akan segera menggantikannya.

Source : SoraNews24 , Sankei Shimbun

#articles #japan #aquarium #nara #yamatokoriyama #nobukiyamamoto #art #copyright #goldfish

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »