Mangaka Dragon Ball Super Dituduh Melakukan Plagiarisme Terhadap Komik Marvel

3:59 PM

Bukanlah hal yang luar biasa bagi komikus atau mangaka untuk saling menghargai karya satu sama lain dengan menggambar karakter komik lain dalam gaya mereka masing-masing. Namun, ketika edisi terbaru majalah manga Jepang, V-Jump dipublikasikan, penggemar dengan mata tajam menyadari ada sesuatu yang salah ketika mereka melihat sampul dan menuduh sang mangaka melakukan plagiarisme.

Setelah diperiksa lebih dekat lagi, seorang penggun Twitter dengan akun @Hahihuhegay, memperhatikan pose Goku dari seri Dragon Ball Super yang entah bagimana mengingatkannya pada sebuah adegan dalam komik Marvel yang berjudul Captain America.


Begitu miripnya pose tersebut, membuat netizen menganggap kedua pose dari kedua karakter ini hampir identik ketika ditempatkan secara berdampingan.


Penulisan referensi atau membayar loyaliti untuk beberapa karya dari seniman lain, seharusnya dilakukan agar tidak disebut plagiarisme. Toyotaro, sang mangaka resmi Dragon Ball Super, tidak begitu banyak berkomentar mengenai tuduhan tersebut. Hingga akhirnya isu tersebut menjadi viral dan sampai ke @dextersoy, yang merupakan seorang komikus yang menggambar karakter Captain America yang diduga diplagiarisme tersebut.



Ia juga menuliskan bahwa ia tumbuh sebagai komikus dengan mengambil referensi dari manga Dragon Ball, namun sekarang ia merasa tersanjung apabila mangaka Dragon Ball menjiplak karyanya.



Netizen asal Jepang pun ikut terkejut atas isu tersebut, serta berkomentar sebagai berikut:

"Ini benar-benar mengerikan. Saya senang saya tidak membeli manga."
"Ini satu gambar yang mengungkapkan bahwa bahkan seorang seniman manga pun berupaya menyalin."
"Ini jelas kesalahan editor."
"Semuanya akan berakhir jika mereka mulai melakukan tracing gambar komik Amerika."
"Hal-hal seperti ini tidak akan menghentikan kejayaan Dragon Ball."

Kasus plagiarisme memang sangat sensitif di Jepang, dan mangaka Dragon Ball bukan satu-satunya yang menerima tuduhan tersebut.

Source : Japanese Station
#article #japan #culture #lifestyle #manga #mangaka #dragonball #dragonballsuper #plagiarism

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »