Terjual Lebih Dari 2,5 Juta Eksemplar Dalam Waktu Singkat, Single Baru AKB48 Banyak Berakhir Di Tempat Sampah

3:33 PM
Idol group AKB48 baru saja merilis single ke-52 mereka yang bertajuk Teacher Teacher pada tanggal 30 Mei lalu. Namun, belum saja diluncurkan, single tersebut telah terjual lebih dari 2,5 juta dalam sistem pre-order. Selain karena seorang anggota Team 8, Yui Ogura yang tampil pertama kali sebagai center, juga karena terlibatnya koreografer K-pop di MV single ini, di mana ini menjadi pertama kalinya melibatkan koreografer non-Jepang.


Meski tidak dapat dipungkiri lagi, alasan paling kuat untuk jumlah penjualan yang begitu besar ini, juga dikarenakan adanya tiket vote untuk Senbatsu Sousenkyo, single ke-53 AKB48, yang terdapat dalam setiap single Teacher Teacher. Setiap suara yang dihitung nantinya akan digunakan untuk menentukan peringkat popularitas para idol, dan jika mereka menginginkan idol favoritnya mendapatkan peringkat tinggi, berarti semakin banyak vote yang dibutuhkan.


Karena itulah, para penggemar garis keras menganggap tugas mereka adalah mendukung idola favorit mereka dengan cara membeli tiket vote yang terdapat dalam single Teacher Teacher, dan tentunya hal tersebut membuat para penggemar didorong untuk membeli single tersebut sebanyak mungkin yang mereka bisa. Namun, karena para penggemar yang rela membeli puluhan bahkan ratusan single hanya untuk tiket vote-nya saja, maka tak heran jika dikemudaian hari akan ada banyak kepingan CD yang justru ditelantarkan begitu saja.

Satu hari setelah rilis, seorang pengguna Twitter @songokkun1, yang tanggal 31 Mei lalu, memposting banyaknya kantong sampah yang penuh dengan kepingan CD single Teacher Teacher, dan semuanya dilemparkan begitu saja ke tempat sampah sebelum akhirnya dibakar.



Hal ini menimbulkan beragam reaksi dari para netizen, "Tidak bisakah perusahaan rekaman tak menyertakan CD, dan hanya menjual tiket vote-nya secara langsung?", ujar seorang netizen membalas cuitan @songokkun1. Pengguna Twitter lainnya juga turut berbagi kekesalannya dan mengatakan jika hal itu merupakan salah satu tindakan penghinaan terhadap musik.

Sudah bertahun-tahun, AKB48 telah menyisipkan tiket vote, tiket handshake maupun hadiah spesial seperti photobook di dalam single mereka. Berkat itulah, mereka terus meraih pendapatan penjualan fisiknya, dan sudah menjadi rahasia umu jika para penggemar berbondong-bondong membeli banyak single

Source : Japanese Station
#article #japan #culture #lifestyle #music #idol #idolgroup #akb48 #single #teacherteacher #netizen

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »