Berikut 10 Anime Yang Terkenal & Tidak Akan Dilupakan Oleh Anak-Anak Tahun 90-an Di Indonesia

4:12 PM
Pada tahun 90-an hingga tahun 2000 awal, berbagai macam serial anime dari Jepang merambah di saluran televisi dan menjadi sangat populer di Indonesia. Anime yang lebih dikenal dengan sebutan kartun ini berhasil menghibur anak-anak generasi 90-an dengan tontonan menarik, bahkan sebagian besar dari kita masih mengingat tontonan tersebut. Beberapa daftar anime ini bahkan ada yang masih eksis dan tetap tayang hingga saat ini.

Berikut adalah 10 daftar anime buatan Jepang yang sangat populer dikalangan anak-anak generasi tahun 90-an.

1. CAPTAIN TSUBASA


Captain Tsubasa adalah salah satu anime bergenre olahraga paling populer dan favorit dikalangan anak-anak tahun 90-an di Indonesia. Anime ini menceritakan tentang sosok anak laki-laki bernama Tsubasa Ozora yang sangat pandai bermain bola. Bersama tim SD Nankatsu, ia memulai menjuarai berbagai kompetisi hingga bergabung dengan Timnas sepakbola Jepang.

2. INUYASHA


Di Indonesia, anime yang menceritakan petualangan siluman bernama InuYasha dan beberapa temannya mencari Shikan no Tamaserta InuYasha dan Sesshoumaru yang mengalahkan Naraku ini, pernah tayang di beberapa stasiun televisi. Selain anime-nya, salah satu lagu ending anime-nya yang berjudul Fukai Mori yang dibawakan oleh Do As Infinity, juga sangat terkenal dikalangan generasi tahun 90-an.

3. HAMTARO


Tingkah lucu dan menggemaskan dari para hamster dalam serial anime Hamtaro, selalu mengisi minggu pagi di awal tahun 2000-an. Meski sebenarnya film ini dibuat untuk anak-anak, namun banyak orang dewasa di Indonesia yang sangat menyukai seri ini, bahkan sampai hafal lagu opening-nya.

4. CHIBI MARUKO-CHAN


Serial yang tayang di stasiun swasta Indonesia ini merupakan anime yang diangkat dari manga populer garapan Momoko Sakura. Versi manga-nya sendiri, ditulis berdasarkan pengalaman masa kecil sang penulis, yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari gadis kecil bernama Maruko bersama anak-anak SD di Jepang.

5. LETS & GO


Saking populernya, serial Lets & Go ini, anak-anak di Indonesia saat itu pasti punya macam mainan Tamiya dalam serial anime tersebut.

6. DORAEMON


Setujukah kalian, jika Doraemon adala serial anime terpopuler sepanjang masa? Anime yang diangkat dari manga karya mangaka legendaris Jepang, Fujiko F. Fujio ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun silam hingga saat ini. Kisah persahabatan robot kucing dari abad ke-22 dengan seorang anak laki-laki bernama Nobita ini sangat terkenal di Indonesia.

7. SAMURAI X


Serial anime legendaris yang masih teringat dikalangan anak-anak generasi 90-an di Indonesia adalah Samurai X. Serial yang bercerita pada masa lalu di Jepang dan seorang samurai bernama Kenshin yang mendapat julukan "battosai si pembunuh". Tidak hanya serial anime-nya, sebagai besar dari kalian juga masih hafal dengan lagu opening-nya.

8. DETECTVE CONAN


Serial ini tidak hanya seru, namun juga menyebalkan yang dikarenakan jam tayangnya yang hanya sebentar dan terkadang harus membuat film tersebut berakhir dan belanjut satu minggu kemudian. Meski begitu, sang tokoh detektif bernama Conan tetap berhasil membius para penonton di Indonesia

9. NINJA HATTORI


Pasti kalian tidak asing dengan lirik lagu "Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera, bersama teman bertualang". Potongan lirik tersebut diambil dari lagu pembuka serial anime Jepang berjudul Ninja Hattori yang sangat populer di kala itu. Anime yang menceritakan sosok ninja cilik, Hattori dan anak SD bernama Kenichi Mitsuba ini, menjadi deretan anime yang paling ditunggu pada hari Minggu.

10. CRAYON SHIN-CHAN


Sangatlah sulit untuk melupakan tingkah lucu, konyol dan suara yang unik dari seorang anak bernama Shin-chan dalam serial anime Crayon Shin-chan. Meski sempat diprotes karena dianggap memberi contoh yang tidak baik kepada anak-anak, namun anime ini tayang di hari Minggu setelah film Doraemon dan menjadi tempat khusus di hati para penonton.

Source : Japanese Station

#article #japan #culture #lifstyle #anime #manga #90's #indonesian

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »