Inilah, 5 Bukti Eratnya Hubungan Indonesia Dengan Jepang Saat Ini

5:24 PM

Masyarakat Jepang dan Indonesia sudah memiliki ikatan yang cukup lama, saat kecil pun kita cukup sering melihat tayangan anime yang berasal dari Jepang. Hubungan spesial ini tetap berlangsung hingga saat ini, mulai dari individual sampai pemerintahannya. Berikut adalah beberapa hal yang memperlihatkan betapa eratnya hubungan antar kedua negara tersebut.

1. ADANYA PERTUKARAN FESTIVAL BUDAYA


Di setiap tahunnya, kedua negara yang bersahabat sejak lama ini, rutin mengadakan festival untuk saling memperkenalkan budayanya masing-masing. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa festival budaya tradisional yang populer, seperti Ennichisai Blok M dan Jak-Japan Matsuri, yang diadakan pada tahun ini, tepatnya pada bulan September.


Dan di Jepang, Indonesia memperkenalkan budaya disana sejak tahun 2013 pada acara yang bertajuk Japanese-Indonesian Friendship Festival. Dalam situs Tokyocheapo, mengumumkan bahwa pada tahun ini acara tersebut akan diadakan di Yoyogi Park Event Square pada tanggal 14-15 Oktober mendatang. Mulai dari pertunjukkan tari tradisional, musik modern, makanan khas dan batik.

2. PERSAHABATAN BEDA NEGARA


Tahun lalu, kedua negara ini dihebohkan dengan persahabatan antara dua orang bernama Syahrul Rochmat (Indonesia) dan Shota Noda (Jepang). Yang berawal saat Rochmat, pegawai kereta berusia 25 tahun tersebut menemukan handphone dengan kartu ID mahasiswa bernama Shota Noda digerbong kereta yang dikirim dari Jepang. Berkat media sosial, akhirnya Rochmat bisa mengembalikan sekaligus bertemu dengan pemilik barang tersebut secara langsung.

3. AKB48 DAN JKT48


JKT48 adalah sister group dari AKB48 yang berbasis di luar Jepang. Hubungan baik antara kedua negara ini mungkin menjadi salah satu alasan, mengapa idol group populer yang diproduseri oleh Aki-P memilih untuk membuat sister group di Jakarta. Pada tahun 2012, dua member AKB48, Haruka Nakagawa dan Aki Takajo dipilih menjadi member JKT48. Kedua idol group ini pernah tampil bersama, baik itu di Jepang maupun Indonesia.

4. KEDEKATAN KEDUA PEMIMPIN NEGARA


Awal tahun ini, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berkunjung ke Indonesia dan disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara dengan Veranda TalkVeranda Talk adalah cara menjamu baru Presiden untuk menyambut tamu kenegaraan yang dianggap dekat dan penting.

5. PEMERINTAH JEPANG BERLAKUKAN BEBAS VISA BAGI MASYARAKAT INDONESIA


Sejak bulan Desember 2014, pemerintah Jepang telah menetapkan aturan bebas visa bagi para wisatawan asal Indonesia yang berkunjung. Begitupun sebaliknya, Indonesia juga menetapkan peraturan yang sama kepada warganegara Jepang mulai bulan Juni 2015 lalu.

Source : Japanese Station

#article #japan #culture #lifestyle #indonesian 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »