Inilah, 5 Girls Group Jepang Yang Mengusung Genre Musik Yang Tidak Diikuti Oleh Girl Group Lainnya

5:31 PM
Para penggemar genre musik J-POP saat ini, tentunya telah mengenal banyak sekali girls group Jepang yang pada umumnya memiliki banyak member yang terdiri dari para gadis muda dan kebanyakan berasal dari kalangan remaja berusia belasan tahun.


Saat ini, yang banyak dikenal dan digemari di Jepang, khususnya girls group dengan konsep idol group, yang menyajikan musk ber-genre J-POP yang umumnya sangat easy listening, ceria, energik dan sangat menghentak serta seketika mampu membuat fans untuk bergerak dan bergoyang mengikuti irama lagu, seperit yang disajikan oleh AKB48 sebagai idol group J-POP yang terpopuler saat ini dan para sister group-nya, yangs sering dikenal sebagai 48 Family.

Namun ternyata saat ini juga terdapat beberapa girls group Jepang yang menyajikan konsep dan genre musik yang berbeda dari para grup di 48 Family dan girls group Jepang lain pada umumnya. Dan berikut, adalah 5 girls group Jepang dengan genre musik yang tidak banyak diikuti oleh girls group Jepang lainnya.

1. PERFUME

PERFUME adalah sebuah trio yang terbentuk sejak tahun 2000 silam, dan hanya terjadi satu kali pergantian personil yakni Yuka Kawashima, yang digantikan oleh Ayato Omoto pada tahun 2001. Dan formasi PERFUME yang baru ini, yakni Ayano Omoto (Nocchi) bersama Yuka Kashino (Kashiyuka) dan Ayaka Nishikawa (A-chan) mampu bertahan sangat lama, mulai tahun 2001 hingga saat ini selama 17 tahun lamanya.

Pada awalnya, PERFUME mengusung genre Post-Shibuya Kei, yang pada masa diawal terbentuknya PERFUME adalah genre yang cukup populer di dunia musik Jepang. Dengan berjalannya waktu, PERFUME mulai menjalani transisi dengan merambah ke genre yang saat itu dikenal sebagai Technopop atau pada perkembangannya saat ini banyak dikenal sebagai Electronic Dance Music (EDM).

Beberapa lagu hits PERFUME yang melambangkan namanya pada masa-masa awal kejayaannya diantaranya, Polyrhythm (2007), Love The World (2008) dan One Room Disco (2009).

2. DEMPAGUMI.INC

DEMPAGUMI.INC adalah girls group yang terbentuk pada tahun 2008 silam, dan saat ini telah memiliki 7 member, yakni Mirin FurukawaRisa AizawaNemu YumemiEimi NaruseAyane FujisakiRin Kaname dan Nagi Nemoto.

Girls group yang satu ini menyajikan genre musik yang sangat identik dengan unsur-unsur anime Jepang atau yang banyak dikenal dengan Animesong. Selain itu, DEMPAGUMI.INC juga dikenal dengan style Denpa Song yang banyak menampilkan lirik yang tidak masuk akal, serta olah vokal dan penggunaan nada yang sangat tidak lazim digunakan.

Beberapa lagu hits DEMPAGUMI.INC diantaranya, Sakura Appareshon (2014), Demparty Night (2014), Otsukare Summer (2015) dan Ashita Chikyu ga Konagona ni Nattemo (2015).

3. BABYMETAL

BABYMETAL adalah girls group yang terbentuk sejak tahun 2010 lalu, dan saat ini telah memiliki tiga member, yakni Suzuka Nakamoto (Su-Metal), Yui Mizuno (Yui-Metal), dan Moa Kikuchi (Moa-Metal). Ketiga member ini sebelumnya juga merupakan member idol group Sakura Gakuin, yang juga merupakan sub-unit dari idol group tersebut.

BABYMETAL menampilkan genre musik Kawaii Metal, yang merupakan perpaduan dari unsur Kawaii (cute) dari J-POP dan Heavy Metal.

Berikut beberapa lagu hits dari BABYMETAL yang diantaranya Ijemi, Dame, Zettai (2013), Megitzune (2013), Gimme Chocolate!! (2015), dan Karate (2016).

4. KAMEN JOSHI (MASKED GIRLS)

KAMEN JOSHI/MASKED GIRLS adalah girls group yang terbentuk pada tahun 2013 lalu. Penamaan tersebut disebabkan, karena para anggotanya memakai topeng pada saat tampil. KAMEN JOSHI sendiri terbagi dalam 3  girls group dengan ciri khasnya masing-masing, yakni:

1. Alice Juban, dengan 5 member yang mengusung genre Heavy Metal dengan kombinasi Hip-Hop.
2. Steam Girls dengan 6 member yang membawakan genre Pop Rock dengan kombinasi musik Elektronik, serta Dance Music.
3. Armor Girls dengan 6 member yang menyajikan perpaduan musik Irish Folk dan Celtic Folk, hingga menghasilkan musik yang cukup unik yang mereka sebut dengan Mori Rock atau Forest Rock.

Beberapa lagu hits dari KAMEN JOSHI yang diantaranya Mousou Nikki (2013), Genkidane (2015) dan Kamen Tairiku - Personia (2017).

5. ENKA JOSHI/ENKA GIRLS

ENKA JOSHI ini adalah girls group yang terbentuk sejak tahun 2015 silam, dengan 8 member yang diantaranya Rui Toya (RuiRui), Anju Nagai (Anju), Shiori Yuki (Shi-chan), Ren Minami (Minami), DJ Airi (Lovely), Honomi Kurose (Honomi), Risa Koizumi (Zu-minRisa) dan Emi Masuda (Emily).

Girls group yang satu ini menampilkan genre musik Enka, yang merupakan salah satu musik tradisional Jepang yang cukup banyak penggemarnya di Jepang, serta dipadukan dengan EDM dari DJ Airi.

Faith adalah judul lagu debut mereka yang rilis pada bulan September 2017 lalu.

Source : Japanese Station
#article #japan #culture #lifestyle #girlsgroup #perfume #dempugami #babymetal #kamenjoshi #enkajoshi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »