Inilah, 8 Hal Menarik Dalam Budaya Smartphone Di Jepang

5:35 PM

Jepang, selalu memiliki budayanya sendiri dalam menjalankan kehidupan. Semua hal tersebut dijalankan berbeda dengan beberapa negara lain, termasuk dalam menggunakan smartphone. Terdapat kultur baru dalam menggunakan telepon pintar tersebut, terutama setelah transisi dari model flip ke smartphone. Inilah, 8 hal yang cukup menarik untuk diketahui dalam budaya smartphone di Jepang dibandingkan dengan negara lainnya.

1. Tingkah Laku Sopan Saat Menelpon di Tempat Umum

Orang Jepang biasanya memiliki tingkah laku yang cukup baik dan sopan saat menelpon di tempat umum. Mereka biasanya tidak akan mengangkat telepon saat berada di tempat umum atau kereta. Selain tidak ingin pembicaraan mereka terdengar orang lain, mereka juga tidak ingin mengganggu kenyamanan orangn lain.

2. Memainkan Game Smartphone adalah Hal Lazim Bagi Orang Dewasa

Alih-laih menelpon saat berada di tempat umum, orang Jepang biasanya lebih suka memaikan game di smartphone mereka. Tidaklah heran jika melihat industri game berkembang sangat pesat di negara tersebut dan membuktikan bahwa game memang ditujukan untuk semua orang.

3. Banyak Orang Jepang yang Menggunakan iPhone

Saat demam smartphone melanda Jepang, banyak orang memilih menggunakan iPhone dan menjadi populer di Jepang. Meski kini sudah banyak merk lain seperti Samsung, Sony dan LG yang digunakan, namun smartphone buatan Steve Jobs ini masih menjadi favorit di Jepang.

4. Minimnya Pengguna Handsfree

Tidak seperti di negara lain yang di mana banyak orang berjalan sambil berbicara, di Jepang termasuk yang anti menggunakan hal tersebut. Meskipun ada, biasanya mereka mendekatkan headphone tersebut ke mulut mereka saat berbicara sehingga tidak terlalu mencolok. Menghindari anggapan bilan mereka sedang berbicara dengan teman khayalan mereka.

5. Berkomunikasi dengan Mengirim Foto Makanan

Sebelum kewajiban mengambil foto makanan meluas dan menjadi fenomena global, termasuk Asia khususnya, Jepang termasuk yang pertama mempopulerkan tren tersebut. Untuk orang barat jelas fenomena ini cukup aneh untuk dilihat.

6. Banyak Orang Menggunakan Telepon Saat Berjalan

Memang orang Jepang menghindari berbicara melalui telepon di tempat umum, namun untuk hal menggunakannya, mereka nomor satu. Sudah menjadi pemandangan yang lazim di Jepang bila orang-orang berjalan sambil menunduk memainkan telepon. Sampai-sampai muncul istilah aruki-sumaho atau smartphone berjalan.

7. Memasang Foto Anak atau Karakter Populer Sebagai Avatar

Di Jepang, privasi masih dijaga kuat jadi jangan heran bila melihat banyak kontak telepon tidak menggunakan wajah asli mereka sebagai avatar-nya. Biasanya mereka memajang gambar karakter populer atau foto anaknya, sama seperti yang dilakukan di media sosial. Nampaknya mereka ingin menetapkan batas kuat antara dunia kerja dengan dunia pribadi.

8. Orang Akan Marah Saat Menggunakan Smartphone Saat Bekerja

Budaya kerja orang Jepang yang sering dianggap workholic untuk orang asing, juga menyentuh dalam penggunaan smartphone. Janganla sekali-kali menggunakan smartphone saat bekerja, bahkan saat tidak ada kegiatan sekalipun jika tidak ingin kena omel atasan. Mereka ingin menjaga tradisi tersebut bertahan sampai kapanpun.

Source : Japanese Station

#article #japan #culture #lifestyle #smartphone

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »