Wow, Seniman Asal Jepang Ini Ubah Kumpulan Sampah Menjadi Karya Seni Ilusi Bayangan Yang Menakjubkan

5:37 PM

Sampah, adalah benda yang biasanya sudah tidak berguna lagi. Namun, ditangan para seniman, sampah bisa jadi sebuah karya seni yang menakjubkan. Salah satunya karya seni dari seniman asal Jepang bernama Shigeo Fukuda ini. Selain menggambar beberapa poster anti perang, kehidupan sosial dan lingkungan hidup, Fukuda juga menerapkan kemampuan seninya dalam mengubah berbagai macam sampah menjadi sekumpulan karya seni yang menakjubkan.

"Lunch With a Helmet On" (1987)
Karya Fukuda yang terbuat dari sendok, garpu dan pisau.

Berbagai benda yang sudah tidak terpakai, seperti sendok, garpu, pisau, dan lainnya, ia ubah menjadi karya seni yang dinamakan "Lunch with a Helmet On" yang ia buat pada tahun 1987. Jika dilihat, sekilas tidak ada yang berubah dari benda-benda sampah tersebut, malah terlihat seperti patung dari tumpukan sampah yang tidak berguna. Namun, jika kalian menerangi patung tersebut dan melihat bayangannya, makan kalian akan melihat sebuah bayangan sepeda motor di lantainya yang tidak dapat diduga sebelumnya.

"Lunch With a Helmet On"
Karya Fukuda yang terbuat dari 2084 gunting dan membentuk bayangan kapal
M.S. Shin-Nippon Maru.

"Aquarium for Swimming Characters" (1988)
Karya seni Fukuda yang bayanganya menjadi huruf-huruf kanji.

"Bonjour, Mademoiselle" (1982)

Di tahun 80-an, setelah putrinya yang bernama Miran lahir, Fukuda mulai tertarik pada seni tiga dimensi yang ia buat sebagai patung dan mainan untuk putrinya. Keluarga Fukuda sendiri, adalah keluarga pembuat mainan dan sudah bukan hal yang aneh lagi, jika bakat seninya itu diturunkan dari keluargannya.

Source : Japanese Station

#article #japan #culture #lifetsyle #artist #designer #illusion #shadow #art #shigeofukuda

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »