Inilah, Mengapa Pelayanan Pelanggan Di Jepang Menjadi Yang Terbaik Di Dunia

4:52 PM
Pelayanan pelanggan di Jepang merupakan suatu hal yang paling terkenal di negara kepulauan tersebut. Pelayanan pelanggan ini tidak hanya ditemui di tempat-tempat seperti hotel dan restoran mewah, tetapi juga dapat ditemukan dengan mudah di minimarket dan restoran makanan cepat saji.


Untuk menjelaskan hal tersebut, para sosiolog seringkali mengemukakan bahwa di kebudayaan Jepang, bahwa penghormatan dan kerendahan hati sebagai penyebab utama mengapa pelayanan pelanggan di Jepang sangat baik. Di masa kini, tentu sangat menyenangkan jika mengetahui ada tempat di dunia yang mempraktekan pola pikir, "kita harus melayani orang yang mendukung penghidupan kita dengan baik dan sopan" dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bukan hanya itu saja yang menjadikan faktor penyebabnya.

American Express International baru-baru ini menyelanggarakan survei terhadap masing-masing 1000 orang di Kanada, Hong Kong, India, Italia, Jepang, Meksiko, Singapura, Inggris, dan Amerika mengenai ekspetasi mereka akan pelayanan pelanggan. Secara spesifik, para peneliti menanyakan "Berapa kali mereka dapat menerima pelayanan pelanggan yang buruk dari suatu perusahaan sebelum memutuskan untuk memilih pelayanan dari perusahaan lain?" dan hasilnya cukup mencengangkan.

"SAYA MEMUTUSKAN UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN PERUSAHAAN LAIN SETELAH SATU KALI MERASA TIDAK PUAS".

- Kanada : 32 persen
- Hong Kong : 23 persen
- India : 31 persen
- Italia : 32 persen
Jepang : 56 persen
- Meksiko : 30 persen
- Singapura : 33 persen
- Inggris : 37 persen
- Amerika : 32 persen

Di antara semua negara yang disurvei, meski memiliki perbedaan budaya, pelanggan yang pergi setelah satu kali saja pelayanan buruk hany berada dikisaran 30% dari jumlah seluruh responden di negara tersebut. Sementara itu, lebih dari setengahnya di Jepang menyatakan bahwa mereka akan pergi setelah satu kali mengalami pelayanan buruk.

Jika dilihat dari sudut pandang bisnis, hanya dengan satu kali pelayanan yang buruk, mereka akan kehilangan pelanggan tersebut, oleh karena itu mereka berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggannya, sebagai cara untuk mempertahankan bisnis mereka, karena mereka tidak bisa mengambil resiko kehilangan pelanggan walau terdapat kesalahan kecil mengenai buruknya layanan perusahaan tersebut.

Mengenai survei tersebut, Shunichi Nozaki, seorang peneliti di Fakultas Pascasarjana Desain Bisnis Universitas Rikkyo, berkomentar bahwa pelanggan di Jepang seringkali lebih memilih untuk tidak lagi menggunakan satu layanan perusahaan dibandingkan melayangkan keluhan mengenai buruknya layanan perusahaan tersebut.

Standar pelanggan yang ketat di Jepang sendiri bahkan menciptakan sebuah lingkaran setan pada layanan pelanggan di Jepang, dimana pelaku bisnis tahu bahwa mereka harus berusaha sangat keras melakukan pelayanan yang memuaskan dan lalu meningkatkan taraf layanan di seluruh industri, yang mana tingginya level pelayanan tersebut akan membuat para pelanggan meningkatkan ekspektasi mereka yang lebih tinggi.

Source : Japanese Station

#article #japan #culture #lifestyle #costumerservis 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »