Keren, Pria Ini Mengabadikan Planet Jupiter Dengan Game Boy Camera

3:36 PM
Baru-baru ini, Astrophotographer bernama Alexander Peitrow membuat beberapa foto yang tidak biasa, dia adalah orang pertama yang memotret Bulan dan planet Jupiter dengan menggunakan Game Boy Camera.


Game Boy merupakan konsol video game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Nintendo pada tahun 1989 seharga 8.000 yen. Game Boy merupakan sistem game tangan kedua Nintendo, setelah Game & Watch yang diperkenalkan pada tahun 1980. Sedangkan Game Boy Camera pertama kali dirilis pada tahun 1998, yang merupakan sebuah monokrom dengan resolusi kamera 2-bit yang mengemas sensor CMOS 128x112 piksel. Pada saat diperkenalkan, benda tersebut adalah kamera terkecil yang ada di dunia.

"Saya bertanya-tanya, apakah mungkin melakukan astrophotography dengan kamera kecil ini", Peitrow menulis. "Mencari di internet, saya terkejut bahwa tidak ada yang pernah mencoba ini sebelumnya dan memutuskan untuk mencobanya".

Dia memutuskan untuk memasang kamera tersebut dengan teleskop kuno, Teleskop Fraunhofer 6 di Observatorium Tua Leiden yang ada sejak tahun 1838. Dengan menggunakan adaptor telepon selular universal Gosky, Peitrow berhasil menyelaraskan Game Boy Camera dengan lensa teleskop.



"Masalah besar adalah menunggu malam yang tidak berawan", katanya. Untuk beberapa foto uji coba, dia mengambil menara jam gereja terdekat untuk menguji kualitas gambar yang dihasilkan.


Setelah menunggu beberapa minggu, akhirnya awan terbelah dan langit malam terlihat, Peitrow langsung membawa kameranya ke observatorium dan mulai mengambil gambar. Dia memotret bulan melalui jendela bidik atau view finder untuk melihat sudut lebar dan melalui teleskop untuk melihat secara detail. Sementara hasil fotonya tidak terlalu menarik dan hanya menunjukan fase bulan, namun foto yang diperbesar benar-benar menangkap kawah bulan dengan menggunakan low-fi.



Setelah mengambil gambar bulan, ia kemudian mengarahkan pemasangan kameran ke Jupiter dan dia terkejut saat salah satu foto benar-benar menangkap tiga bulan Jupiter.



Source : Japanese Station

#article #japan #culture #lifestyle #gameboy #camera #yupiter #moon

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »