[ARTICLE] MENIKMATI ARUNG JERAM DENGAN RAKIT DI SUNGAI KITAYAMA

6:12 PM
Biasanya arung jeram dengan menggunakan perahu karet, namun di Jepang terdapat rakit kayu untuk menyusuri derasnya Sungai Kitayama di Prefektur Wakayama. Kegitan tersebut sudah dilakukan secara turun-temurun dari 400 tahun yang lalu.


Tradisi yang dinamakan "Ikada Kudari" ini telah dikoordinasikan oleh para ikadashi (pemandu rakit) yang bertugas untuk menavigasi sungai sepanjang 30 kilometer tersebut. Tujuan kegitan tersebut untuk mendistribusikan pohon hinoki (pohon cemara) dan sugi (pohon cedar), untuk membangun kuil-kuil diberbagai pelosok Jepang. Pada akhirnya, di tahun 1970-an perjalanan tersebut diperkenalkan kepada wisatawan.



Saat melakukan arung jeram, wisatawan diharuskan memakai pelampung dan menaiki kayu-kayu yang sudah diikat menjadi satu. Di bagian kiri dan kanan telah dipasangi pegangan. Para ikadashi tidak akan berada dalam satu rakit dengan wisatawan, namun mereka akan menggunakan rakit lainnya untuk menavigasi para wisatawan dan hebanyanya lagi, mereka hanya berpegangan pada satu batang kayu saja.

Jika kalian ingin menikamati arung jeram seperti ini, di Indonesia juga ada. Tepatnya di Sungai Amadit, Kalimantan Selatan. Lebih ekstrem, karena hanya diikat dengan beberapa kayu saja.


Source : Japanese Station 


#article #tour #vacation #japan #kitayamariver #wakayama #arungjeram

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »