[ARTICLE] MOCHITSUKI, TRADISI MEMBUAT MOCHI UNTUK TAHUN BARU DI JEPANG

5:00 PM
Mochi, adalah kue yang terbuat dari beras ketan yang sering dibuat dan dimakan saat perayaan pergantian tahun di Jepang. Tradisi Mochitsuki, yang berarti membuat mochi untuk perayaan tahun baru ini telah ada sejak periode Heian (794- 1185).


Mochitsuki atau membuat mochi tidaklah mudah, begitupun saat memakan dan menelannya yang membutuhkan banyak tenaga.Bagi masyarakat Jepang sendiri, mochi diharapkan bisa membawa kekuatan dan juga harapan di tahun yang baru. Selain itu, mochi juga terdengar mirip dengan kota dalam bahasa Jepang "mempunyai" atau "memiliki", sehingga dengan memakan mochi diharapkan bisa mendapatkan keberuntungan.


Untuk perayaan tahun baru, mochitsuki dapat dilakukan oleh keluarga maupun dengan masyarakat di lingkungan sekitar. Biasanya acara ini dimulai malam sebelumnya. Beras dicuci dan direndam selama 1 malam untuk keesokan paginya beras ditempatkan diwadah yang terbuat dari kayu, batu atau beton. Ada beberapa orang yang terlibat dalam aksi ini, satu mengayunkan palu kayu atau kine, untuk memukul beras dan masing-masing memukulnya secara bergantian.

Source : Japanese Station


#article #japan #culture #lifestyle #newyear #mochitsuki

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »